Lompat ke isi

Obrolan:Selawangi, Sukaraja, Sukabumi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Ti Wikipédia Sunda, énsiklopédi bébas

Desa selawangi adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat yang pada awal pembentukannya desa selawangi adalah pemekaran dari Desa Cipurut, pada waktu itu masyarakat bermaksud membuat pemekaran Desa yang diprakarsai oleh tokoh masyarakat, tokoh agama. mengingat luas tutorial dan jumlah penduduk sudah memungkinkan untuk dimekarkan dengan perjalanan yang cukup panjang dan kendala yang dihadapi cukup banyak akhirnya pada tahun 1982 Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengabulkan keinginan tersebut sehingga terbentuklah desa baru yang diberi nama " SELAWANGI " adapun nama- nama kepala desa dari awal pembentukan sampai sekarang antara lain : 1. A Bunyamin menjabat dari tahun 10992-1997 2. Jaja Rojai menjabat dari tahun 1997-2002 3. Abdul manan Yasir menjabat dari tahun 2002-2006 4. Jajang wahyudin, SH menjabat dari tahun 2006- sekarang kondisi desa selawangi dahulu sangat memprihatinkan karena kantor yang begitu rusak dan tidak layak, tetapi pada tahun 2006 awal mula kepemimpinan kepala Desa Jajang Wahyudin, SH maka dimulailah pembnagunan kantor desa dan sampai saat ini kantor desa cukup baik. tidak hanya itu Kepala Desa Jajang Wahyudin, SH mulai membantu masyarakat dari segala bidang : pembangunan , ekonomi, sosial yang diambil baik dari dana ADD maupun bantuan dari pihak ketiga. jajang wahyudin,SH menjabat sudah dua kali, yaitu pada tahun 2006-2012 dan kemudian pemilihan kepala desa tahun 2013 beliau terpilih kembali. pada tahun 2015 banyak sekali perubahan - perubahan yang signipikan dibidang pembangunan karena ada nya dana pusat yang masuk ke desa selawangi walaupun jumlahnya masih sedikit tapi tetap sangat membantu bagi pembangunan masyarakat. luas Desa Selawangi 256,373 jumlah penduduk Desa selawangi 6895 Laki - laki 3410 Perempuan 3485, Jumlah Rt. 30 dan Rw. 12. Jumlah KK Miskin yang ada di desa selawangi sebanyak 1042 Jiwa. adapun Struktur Pemerintahan Desa Selawangi antara lain : Kepala Desa  : Jajang Wahyudin, SH Sekretaris  : Dini Sri Handayani, S.IP Bendahara  : Kusmana Kasi Pemerintahan  : Riansah, Amd. Kom Kasi Pelayanan  : Anis Sihabul MIlah Kasi Kesejahteraan  : Sutisna Kaur Tata Usaha Umum  : Rudiyansyah Kaur Perencanaan  : Dedi Nuryaman Kadus II  : Agus Subadri Kadus III  : Cecep Sudarman Kadus IV  : Ayi sumarna

Pada tahun 2012 Bkm Bersama Dan Pemerintah Desa Selawangi pernah mengikuti Lomba PLPBK disana pemerintah Desa Selawangi membuat Proposal untuk dipersentasikan di Hadapan BAPEDA KABUPATEN SUKABUMI, dan dengan Proposal yang kami persentasikan tersebut kami lolos ke tingkat provinsi jawa barat, dan setelah kami lolos ditingkat Provinsi kamipun mendapat undangan dari Kementrian Perumahan Rakyat yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak AGUNG LAKSONO dan kami pun sempat Bertemu dengan Bapak AGUNG LAKSONO dan Bapak GURATNO ( DEPUTI KEUANGAN RI), kami tiba di jakarta Dihotel Sultan, kegiatan tersebut diadakan Selama 3 hari, namun selang beberapa bulan setelah kami selesai pertemuan dihotel sultan tersebut, apa yang kami inginkan untuk masyarakaat ternyata gagal, kegagalan tersebut sempat kami pertanyakan, sampai kami menghadap kepada Bapak Bupati Sukabumi yang pada saat itu Bupati Sukabumi Bapak SUKMAWIJAYA dan Wakilnya Bapak JAJULI, dan Akhirnya kami datang ke Kementrian perumahan Rakyat dan langsung bertemu dengan pihak yang menangani Perlombaan Tersebut, ternyata jawabannya sama kami dikalahkan dengan angka kemiskinan yang pada saat itu hanya 980 KK Miskin yang ada diSelawangi. Penduduk Desa Selawangi sebenarnya 90% buruh tani, namun dengan kegagalan tersebut Pemerintah Desa Selawangi tetap maju dan sampai Pada Tahun 2016 Desa selawangi Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Mendapat Kepercayaan dari Kecamatan Sukaraja untuk Mengikuti Lomba Desa Binaan / Desa Model Tahun 2017 tingkat Kabupaten Sukabumi, yang mana lomba ini dititik beratkan pada Lingkungan dan Tanaman Toga.. Kepala Desa Selawangi ( Jajang Wahyudin, SH ) merasa tertantang untuk melaksanakan tugas tersebut, dengan sebaik - baiknya baik menang ataupun kalah tapi tetap berusaha untuk lebih baik.

 pada akhir 2016 pemerintah desa selawangi merumuskan tentang pelaksanaan pembangunan dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada  Tahun Anggaran 2017  dengan memulai membuat RAPBDES ( rencana Angggaran Pendapatan Belanja Desa ) namun dengan adanya Perbub Nomor 10 dan Nomor 11 Tahun 2017 RABDES yang kami buat kami sempurnakan menjadi APBDES yang Mengacu Kepada PERBUB Tersebut. kegiatan yang akan kami laksanakan pada tahun 2017 antaralain:

- Bidang Pemerintahan ( Dari ADD ) - Bidang Pembinaan Masyarakat ( Dari ADD) - Bidang Tak Terduga ( Dari ADD ) - Bidang Pembangunan ( Dari DD/ Dana Pusat ) - Bidang Pemberdayaan Masyarakat ( Dari DD / Dana Pusat )

 dibidang pembangunan Kepala Desa Selawangi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan dikelola oleh masyarakat  diantaranya Pembangunan Rabat Jalan Gang, Rehab Jalan Gang, MCK, Hotmik Jalan Desa, Bendungan, dan Pembangunan Gapura Jalan Desa. Desa Selawangi salah satu Desa dikecamatan Sukaraja yang mendapatkan Dana Desa Paling Kecil, karena dana Desa dilihat dari Jumlah Penduduk, Luas Wilayah, Jumlah KK Miskin, dengan adanya Dana Desa tersebut betul bahwa pembangunan sangat terbantu, namun tetap banyak ketakutan di Pemerintah Desa karena dana desa tersebut harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan Juklak dan juknis yang ada, dan semoga apa yang didapatkan oleh Pemerintah Desa yang ada di Indonesia dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.